-->

Thursday, October 29, 2015

Review: Tensimeter Digital (OMRON Automatic Wrist Blood Pressure Monitor)

Selamat Malam Jumat!!
Lah serem. :D
Kali ini gue mau review Tensimeter Digital. Tau tensimeter dong? yang buat ngukur tekanan darah, yang suka dipake di rumah sakit sama mbak-mbak suster. Sebenernya pertama kali pake tensimeter udah dari jaman dahulu kala, jaman jahiliyah, jaman masih selfie pake gaya gigit lidah atau nempelin telunjuk di bibir gaya sssttt gitu. -___-. Itu masih pake tensimeter yang manual. Dulu penasaran banget gimana cara taunya ya ngukur tekanan darah gitu. Sampe nanyain ke suster-suster di rumah sakit gimana cara kerjanya. Jadi intinya, kalo mau pake tensimeter manual harus pake stetoskop juga. Tau stetoskop kan? itu loh yang buat dengerin suara hati kamu~~~

Ya ya ya bukan Nggie, buat dengerin suara detak jantung. Kalau mau pake yang manual gitu caranya dipompa dulu tuh balon udaranya sampe pol, abis itu dilepas perlahan alat puter balonnya. Sambil di dengerin pake stetoskop, liat tuh angka tekanan di tensimeternya, dengerin pake hati ya kak suara detak jantungnya dari pertama kali bunyi detak sampe udah gak ada bunyinya. dari situ kita bisa tau angka systolic dan diastolic nya. Ukuran tekanan darah itu terdiri dari tekanan Systolic (SYS) dan tekanan Diastolic (DIA). Tekanan darah Systolic adalah tekanan ketika jantung berdetak sambil memompa darah. Tekanan darah Systolic adalah tekanan antara saat jantung berdetak dan detak berikutnya.
Sering melihat ukuran tekanan darah yang ditulis pake ukuran Systolic atau sebelum tekanan Diastolic, sebagai contoh 133/92 mmHg. 133 adalah angka Systolic dan 92 adalah angka Diastolic (mmHg adalah ukuran milimeter merkuri -  ukuran unit yang digunakan untuk tekanan darah tinggi). Itu sedikit saja gambaran cara pake tensimeter manual ya. Kalau nggak jelas tanya dokter/ suster di rumah sakit nya langsung aja lol.

Review kali ini adalah tensimeter digital merek OMRON (Automatic Wrist Blood Pressure Monitor).
Model: HEM-6200.




Cara pakenya gampang banget, tinggal pencet START udah ngukur sendiri. gak perlu di setting macem-macem kecuali kalau mau setting jam. Tensimeter digital ini pake batere AAA 2 buah. FYI pake tensimeter ini lumayan cepet ngabisin batere. So, gunakan seperlunya aja.
Tensimeter ini bisa dibeli di Apotek besar, harganya sekitar 400-500 ribu sudah dapat baterenya dan bisa langsung digunakan. Tensimeter ini juga dilengkapi dengan pengukur nadi. Jadi angka yang bisa kita lihat di monitornya adalah angka systolic, diastolic dan pulse (nadi).



Di dalem box nya udah dapet tensimeter digital, box, dan batere.






Buat kalian yang mau praktis dan gak ribet, alat ini berguna banget dibanding harus ke rumah sakit untuk cek tekanan darah. Untuk orang dewasa tekanan darah yang normal itu 120/80 ya.
Semoga bermanfaat ^^ #CMIIW

No comments:

Post a Comment

Cute Deer